6 Langkah Bikin Konten Buat Pemula
Jadi konten creator, mungkin adalah cita-cita baru anak muda zama sekarang selain jadi Gamers Professional, haha. Makin lama makin banyak aja ada ada profesi baru yang masuk ke Indonesia, yang pastinya awalnya gak bakalan dikasi izin sama orang tua buat nekunin bidang itu.
Tapi gimanapun juga, hal ini ngebuat saya pribadi jadi balik aktif di Instagram setelah awalnya pasif karna saya liat orang-orang kalo gak pamer kebahagiaan ya sok jadi manusia paling sedih di dunia lewat Instagram. Aneh banget lah kelakuan warga bangsa kita. Tapi itulah yang disebut orang yang gak punya social skill tapi dikasi social tool. Jadinya mereka belum siap dan akhirnya disfungsionalisasi.
Tapi sekarang udah beda cerita, banyak orang yang memilih untuk menyambung hidup lewat profesi baru yaitu menjadi seorang konten creator diberbagai platform mulai dari YouTube hingga yang lagi hangan belakangan ini yaitu di Instagram.
Nah, sekarang bagi kalian para pemula yang pengen bikin konten tapi belum tau tata cara bikinnya. Kali ini saya bakalan ngasi beberapa langkah yang bisa dilakuin biar konten yang kamu buat itu jadi maksimal. Cara yang saya kasi ini sifatnya general artinya bisa digunakan disemua platform tapi secara spesifik saya melakukan risetnya lewat Instagram jadi mungkin akan paling optimal digunakan disana.
![]() |
| Working Cycle - Yudi Spot |
1. Targeting
Berdasarkan working cycle, asik teknis banget. Ya, tapi bener itu budaya kerja orang barat. Mereka menemukan pola paling optimal lalu mengulangi terus, dan akan bertahan hingga ada orang lain yang berinovasi dengan pola baru.
Oke, yang pertama adalah targeting. Anda harus tau dulu, konten yang mau dibuat itu buat siapa. Inget kalo bikin konten buat semua orang, sama aja dengan bikin konten gak buat siapa-siapa.
Jadi pertama bikin target yang jelas, dan kalo bisa ya spesifik. Misal saya mau bikin konten buat anak SMA kelas 12. Nah selanjutnya bisa dibaca dilangkah kedua yang masih ada kaitannya dengan poin pertama ini.
2. Searching
Masih lanjut dari topik yang pertama, udah nemu targetnya siapa sekarang, harus di cari dan temuin masalah dia apa. Inget, konten yang baik adalah konten yang mengedukasi, memberi informasi, atau eksekusi.
Misal konten yang mau dibuat kan untuk anak SMA kelas 12, nah ada banyak nih masalahnya, bisa pusing ngatur jadwal les UN sama jam pelajaran disekolah, nyari bimbel les SBMPTN terbaik, atau bingung mau nyari kampus selanjutnya.
Semakin spesifik masalah yang bakalan anda bahas, semakin baik impactnya sama target, dan jika mereka merasa masalah mererka terpecahkan maka mereka akan ngerasa bahwa “Ini konten ngena nih sama masalah gue”
3. Solving
Udah ada terget, udah tau masalahnya, sekarang ya kasi solusi buat masalah itu. Untuk hal ini ada 2 opsi buat anda lakukan. Pertama, anda ngasi solusi yang unik buat masalah yang umum, atau ngasi solusi yang umum, buat masalah yang unik. Tapi jangan pernah ngasi solusi yang umum, buat masalah yang umum. Ya gak bakal ada yang peduli yang konten yang anda buat.
Cara terbaik untuk menyatakan solusi yang anda berikan adalah dengan story telling. Yups orang Indonesia itu suka banget kalo dikasi cerita. Mereka juga akan lebih bisa inget, dan ada kemungkinan bakalan diceritain lagi ke temen yang lain. Lumayan lah buat promosi gratisan hahaha.
4. Designing
Ini tahapan yang banyak jadi momok buat para content creator baru. Tapi jangan ribetkan diri anda dengan istilah desain yang merepotkan kayak psikologi warna, banyak gambbar yang ujungnya illegal, dan lainnya.
Untuk desain awal, saya sarankan pakai Canva dulu, udah ada templatenya jadi lebih gampang. Nanti kalo udah lama kelamaan pasti bisa nemuin dan ngebentuk ciri khas dari desain konten anda.
Hal yang perlu kamu perhatiin dari desain konten adalah komposisi dan pemilihan font. Tips Letakkan teks antara mepet kiri atau di tengah, jangan yang mepet kanan. Saya gak tau anda paham atau gak, tapi initnya gitu, hehe. Dan pake font yang gampang dibaca juga, jangan kebanyakan artistic aesthetic yang berujung pembaca pada panic.
5. Interesting
Pernah ke restoran kan? Atau rumah makan deh? Kalo anda pertama kali kesana apa yang jadi acuan buat milih makanan disana? Kalo gak selera ya foto dimenu yang keliatan enak banget kan.
Nah pas bikin konten prinsipnya sama kayak itu. Anda harus melakukan sesuatu untuk menggugah orang baru biar mau baca konten anda terus. Salah satu fitur gratisan yang bisa dipake di Instagram adalah Instagram Story. Yaps, sesaat sebelum anda upload konten bisa kasi spoiler dulu di story terus kasi countdown biar makin penasaran mereka. Dengan begitu mereka akan lebih tertarik dengan konten anda.
6. Posting
Tiba deh, disaat yang udah sangat anda tunggu. Saat untuk posting konten yang udah anda buat dengan susah payah. Fase ini bisa jadi paling melegakan atau juga paling mendown kan mentalitas para creator.
Kenapa begitu? Karena 2 alasan kalo gak kurang engagement ya ada kemungkinan aka nada heaters yang muncul duluan daripada lovers. Disini mental para creators benar benar diuji dan akan membuktikan siapa yang bertahan sampe akhir.
Hanya satu tips yang bisa saya kasi, intinya upload aja terus, gak ada orang yang sukses cuma dari 1 konten, dan jangan takut jelek buat upload konten pertama. Karena itu udah pasti jelek.
Justru karna anda ngerasa bahwa konten itu jelek anda bakalan improve di konten selanjutnya. Malahan kalo anda ngerasa konten itu udah bagus, maka anda bakalan stuck disana aja tanpa adanya perkembangan.
All right, mungkin cuma itu aja sekarang yang bisa saya share soal Content Creation. Inget satu hal semua hal besar dimulai dari hal kecil. Tapi hal yang besar itu gak bakal pernah bisa dicapai jika masih ada tembok keraguan yang menghalangi jalan.



Leave a Comment